INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

SERUNYA MENGAJAK PETANI DI FARM RISET DATARAN TINGGI LEMBANG

Menjelang puasa Ramadhan kemarin, farm riset PT BISI International Tbk di dataran tinggi Lembang, Bandung Barat dijadikan ajang studi banding bagi ratusan petani di Jawa Barat. Meskipun hanya sehari, antusiasme para peserta menjadikan acara tersebut semakin meriah hingga sore menjelang.

Pagi itu (24/6), udara di farm riset Lembang, Bandung Barat cukup dingin, alat pengukur suhu yang terpasang di farm menunjuk angka 200C. Maklum, farm yang terletak di Desa Cisarua, Kecamatan Lembang itu memang berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Pada hari itu, farm riset yang memiliki luas sekitar 4,5 ha ini tengah disiapkan untuk menyambut para petani dari sejumlah daerah di Jawa Barat, seperti: Bandung, Garut, Sukabumi, Cianjur, Sumedang, Purwakarta, dan Majalengka. Tidak kurang dari 22 varietas dari 7 jenis tanaman produk dari PT BISI yang ditanam di farm dijadikan obyek studi banding para petani.

Menurut Dadang Erwin Raharja, Market Development Vegetables Seed and Pesticides PT BISI Area Jawa Barat, tujuh jenis tanaman yang ditanam dan dijadikan studi tersebut antara lain: sawi putih, kubis, cabai, tomat, timun, jagung manis, dan squash.

“Semuanya merupakan komoditas yang sesuai untuk dikembangkan di kawasan dataran tinggi. Totalnya ada 22 varietas. Untuk cabai misalnya ada varietas Bhaskara, Sonar, Jet Set, Cosmos, Rimbun 3 dan Flash 750. Tomat ada Ovation, Kharisma, dan Prestise. Kalau kubis, ada Grand 11 dan Grand 22. Varietas sawi putih ada Deli CR dan Excellent CR. Kemudian jagung manis ada Jaguar, New Master Sweet, dan Sweet Boy. Untuk timun, ada varietas Roberto, New Roberto, dan Krakatau. Sementara untuk squash ada Golden Mama 35 dan Santana,” terang Dadang.

Meski tidak terlalu banyak, varietas tanaman yang ada di farm tersebut cukup menarik minat para petani. Tidak sedikit dari mereka memanfaatkan kesempatan tersebut untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman seputar tanaman yang ada di farm. Bahkan, ada pula yang mengabadikannya ke dalam ponsel dan gadget yang mereka bawa sebagai bahan referensi.

“Senang saya bisa ke sini. Karena bisa tahu lebih banyak tentang produk-produk dari PT BISI, dan yang lebih penting lagi saya bisa menemukan solusi dari masalah tanaman yang ada di daerah saya. Karena di sini bisa bertemu langsung dengan ahlinya,” kata Aman Suparman, petani sayuran dari Sucinaraja, Garut.

Dalam kesempatan tersebut, tim riset PT BISI yang terdiri dari para peneliti dan pemulia tanaman memang turut hadir untuk mendampingi para petani pada masing-masing tanaman yang menjadi bidang mereka. “Semua breeder dari tanaman yang ditanam di farm ini memang sengaja kita undang ke sini. Tujuannya agar bisa memberikan informasi yang lengkap dan akurat kepada para petani, selain itu jika ada permasalahan yang dikeluhkan petani bisa dicarikan solusi yang tepat,” ujar Dadang.

Setelah dirasa puas berkeliling lahan, sekitar 300 orang petani undangan diarahkan ke tenda utama untuk mengikuti sesi diskusi lebih lanjut seputar pertanian bersama dengan tim riset dan juga tim marketing yang diwakili langsung oleh Area Manager Marketing PT BISI Jawa Barat Slamet Riyanto. Kesempatan itu pun tidak disia-siakan beberapa petani untuk menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi di daerahnya masing-masing, mulai dari masalah hama penyakit sampai dengan permasalahan suplai benih dan pestisida produk Cap Kapal Terbang yang tersendat menjadi pokok bahasan hangat yang dibahas dalam forum tersebut hingga waktu menjelang sore.

Yang menarik, dalam kesempatan tersebut, tim marketing Jawa Barat juga melakukan penjualan produk benih dan pestisida berhadiah yang diundi langsung di akhir acara. Puluhan hadiah, mulai dari jam dinding, sepatu boot, sprayer hingga LED TV 32”, menjadi daya tariknya. Tak ayal, meja display produk yang dijadikan pusat penjualan langsung itu pun diserbu para petani untuk berbelanja sekaligus untuk mendapatkan kesempatan memperoleh hadiah undian.

Kemeriahan acara di farm dataran tinggi itu pun semakin sore semakin seru. Pasalnya, selain semarak oleh iringan live music berbahasa sunda, pengundian hadiah yang sengaja dilakukan di akhir acara juga menjadi daya tarik bagi semua undangan yang hadir.

 


PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).