INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

BISI SHOW TEKNOLOGI DI PENAS XIV

Dalam setiap gelaran Pekan Nasional (Penas) KTNA yang diadakan dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun sekali, PT BISI International Tbk hampir selalu turut berpartisipasi di dalamnya. Termasuk pada Penas XIV KTNA 2014 yang diselenggarakan di Kabupaten Malang, PT BISI kembali berpartisipasi dengan menggelar kebun teknologi yang bisa memberikan inspirasi bagi para peserta dan pengunjung.

Pada perayaan Penas XIV KTNA 2014 kali ini, PT BISI International, Tbk. kembali turut serta secara aktif. Hal itu merupakan kesekian kalinya bagi produsen benih terbesar di Indonesia ini berpartisipasi dalam even terbesar bagi petani dan nelayan se-Indonesia tersebut.

Menurut Doddy Wiratmoko, Product Development Corn Seeds Senior Manager yang sekaligus Koordinator Tim Pameran dan Gelar Teknologi PT BISI di Penas XIV, dalam even akbar yang dipusatkan di kompleks Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Jawa Timur itu, perusahaan yang berhomebase di Sidoarjo ini terlibat aktif dalam pameran pembangunan dan gelar teknologi yang diselenggarakan oleh panitia Penas XIV.

Pameran pembangunan yang dipusatkan di sebelah barat Stadion Kanjuruhan terdiri dari 482 stand yang diisi oleh berbagai instansi pemerintah, mulai dari pemerintah provinsi sampai kabupaten dan kota se-Indonesia, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta yang bergerak di sektor pertanian, perikanan, kelautan, dan kehutanan.

“PT BISI sendiri menempati dua stand sebagai media untuk mengenalkan produk-produk kita kepada para peserta Penas dan seluruh pengunjung yang hadir, sekaligus berinteraksi langsung dengan mereka,” ujar Doddy.

Selain menampilkan beragam produk perusahaan, mulai dari benih hortikultura, jagung, hingga pestisida, di stand yang terletak di nomor 65-66 itu juga menampilkan berbagai contoh display tanaman dan hasil panen produk benih PT BISI yang ditanam dan diambil langsung dari lokasi Gelar Teknologi milik perusahaan.

Hal itu pula yang menarik minat para peserta Penas dan pengunjung untuk mampir di lokasi stand PT BISI. Selain melihat-lihat, mereka juga bisa berkonsultasi langsung seputar pertanian. Alhasil, sejak awal dibuka hingga berakhirnya acara, stand PT BISI tidak pernah sepi pengunjung.

“Mereka banyak yang bertanya tentang produk-produk kita, apa yang paling cocok untuk dikembangkan di daerah mereka masing-masing. Hingga mereka pun akhirnya membeli produk benih dan pestisida yang juga kita jual langsung di stand,” terang Ali Mashari, Market Development Pesticides PT BISI Area Jawa Timur yang juga sebagai koordinator stand pameran PT BISI.

Kebun teknologi
Sementara itu di lokasi Gelar Teknologi (Geltek), PT BISI menempati lahan seluas 1,2 hektar yang berada di bagian ujung dari lokasi Geltek, tepatnya di petak 15. Berada di lokasi yang notabene merupakan lahan sawah yang sepanjang tahun ditanami padi, diperlukan usaha lebih untuk menyulap lahan tersebut menjadi sebuah kebun mini yang berisi beragam jenis tanaman pangan dan hortikultura produk dari PT BISI.

“Terdapat 119 varietas dari 23 jenis tanaman, mulai dari tanaman jagung, padi, cabai, tomat, jagung manis, melon, semangka, hingga okra. Semua bisa dijadikan sarana belajar atau hanya sekedar sebagai media refreshing,” ujar Doddy.

Selain berisi beragam jenis tanaman produk dari PT BISI, kebun mini tersebut juga sarat dengan teknologi budidaya yang bisa dijadikan rujukan dan sumber inspirasi bagi para pengunjung. Tidak sedikit dari para pengunjung yang menanyakan banyak hal mengenai seluk beluk tanaman dan teknis budidaya dari tanaman yang mereka lihat. Mereka pun mengaku puas lantaran bisa mendapat jawaban yang tuntas, langsung dari para pemulia tanaman PT BISI yang memang sudah stand by di lahan sesuai dengan tanaman yang mereka kembangkan.

“Senang sekali bisa berkunjung ke lahan PT BISI ini. Tanamannya banyak dan lengkap, penataannya bagus, dan yang lebih penting lagi bisa bertanya langsung dengan para pakarnya di sini, sehingga bisa mendapat tambahan ilmu yang bermanfaat,” ujar Albertus, salah seorang peserta Penas XIV dari Papua.

Sebagai salah satu perusahaan benih yang berbasis riset, dalam kesempatan kali ini PT BISI juga menyajikan hasil riset dan pengembangan dari Departemen Bioteknologi yang dimiliki perusahaan. Beragam hasil riset yang bermanfaat bagi pengembangan pertanian disajikan di Biotech Corner yang berada persis di pojok depan lokasi Geltek PT BISI. Hasil riset itu di antaranya adalah: teknologi pengembangan agen hayati yang memberikan ketahanan bagi tanaman dari serangan penyakit sekaligus mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan produktivitas tanaman, produk biofertilizer, teknologi uji kemurnian genetik, teknologi fertigasi, teknologi biomolekuler, penyelamatan embrio, dan tindakan karantina mandiri di laboratorium bioteknologi PT BISI.

Beragam teknologi yang disajikan di lahan Geltek PT BISI tersebut memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta Penas dan masyarakat umum. Sejak awal di buka hingga hari terakhir penutupan, dari pagi sampai sore selalu ramai pengunjung.

“Bahkan sejak sebelum resmi dibuka sudah ramai dikunjungi. Mereka sangat antusias dan tertarik dengan kebun mini yang kami kembangkan ini. Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung,” ujar Doddy.

Menurut Doddy, kebun teknologi PT BISI tersebut juga dijadikan sarana bagi perusahaan untuk menjalin komunikasi lebih erat dengan para mitra perusahaan dari seluruh wilayah pemasaran di Indonesia. Mulai dari tanggal 8 hingga 11 Juni 2014, sebanyak 573 orang petani binaan dan mitra perusahaan datang secara bertahap ke lokasi Geltek PT BISI. Mereka berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Lampung, Sumatera Utara, Kalimantan, NTB, NTT, dan Sulawesi.

“Saya sangat salut dengan PT BISI. Selain menghasilkan benih dan pestisida yang berkualitas, perusahaan juga sangat peduli dengan petani yang menjadi mitra. Dengan diajak ke sini, kami merasa sangat senang karena bisa mendapatkan ilmu lebih yang tidak bisa didapatkan di daerah. Selain itu kami bisa bertemu langsung dengan para peneliti dan breeder PT BISI, sehingga bisa berbagi banyak hal seputar pertanian,” ujar Hebron, salah seorang petani mitra dari Enrekang, Sulawesi Selatan.

 


PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).