INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

MERASAKAN KEMOLEKAN DAN KEMANISAN ESTEEM DI SUMATERA UTARA

Gelap kulitnya namun kuning dalamnya. Rasanya pun manis di lidah dan terasa segar di tenggorokan. Itulah semangka Esteem yang ‘kemolekan’ dan kemanisannya membuat ketagihan banyak petani di Sumatera Utara.

Kulitnya memang tampak lebih gelap dan mengkilap saat dibersihkan. Corak loreknya pun masih terlihat meskipun agak samar lantaran dominasi warna kulit buah yang lebih gelap, hijau kehitaman.


Bagi pedagang semangka, untuk semangka jenis ice box atau lonjong kecil seperti Esteem ini, warna kulit buah menjadi daya tarik utama. Menurut Bang Kemi, salah seorang agen semangka di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, warna kulit buah yang cenderung gelap akan lebih diminati pembeli.
 
“Apalagi dengan warna daging buah kuning seperti Esteem ini, pasti lebih menarik,” ujar Bang Kemi saat mem-borong semangka berdaging buah kuning Esteem milik Edi Suheri, petani semangka di De-sa Sementara, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.
 
Menurut Bang Kemi, semangka Esteem memang berbeda dengan semangka sejenis lainnya yang biasa ia borong dari petani. Selain dari warna kulit buahnya yang lebih gelap dan menarik, menurutnya rasa daging buahnya juga lebih manis.
 
“Rasa daging buah dan corak kulit buahnya sudah tidak diragukan lagi, sangat manis dan menarik,” ungkapnya.
  
Memang, semenjak pertama kalinya diperkenalkan kepada para petani semangka di Serdang Bedagai, semangka Esteem langsung mendapat sambutan positif. Bukan hanya lantaran berdaging buah kuning, atau petani setempat menyebutnya oranye, tapi juga lantaran bobot buahnya yang lebih berat dibanding semangka sejenis lainnya. Performa tanamannya yang bandel terhadap serangan penyakit kresek juga diakui banyak petani semangka sebagai daya tarik lainnya.
 
Edi Suheri yang pertama kali menanam Esteem telah membuktikan sendiri kelebihan semangka hibrida berdaging buah kuning produksi PT BISI International, Tbk. itu. Dari lahan seluas 6 rante atau sekitar 2.400 m2, ia bisa memanen hingga 5,8 ton, atau hampir 1 ton per rantenya. Yang menarik adalah bobot rata-ratanya yang bisa mencapai 2,8 kilogram per buah, dan hasil itu menurut Edi sebagai hasil tertinggi untuk semangka sejenis Esteem di daerahnya.
 
Hal itu juga dibenarkan oleh Bang Kemi yang membeli semangka Esteem milik Edi, ia mengaku baru pertama kalinya bisa memborong semangka jenis tersebut dengan bobot yang melebihi perkiraan. “Ini merupakan pertama kalinya saya mengangkat (memborong-red) semangka jenis ini dengan rataan bobot buah sebesar itu (2,8 kg). Biasanya semangka sejenis lainnya hanya memiliki bobot tidak lebih dari 2,1 kilogram,” terangnya.
 
Menurut Edi, semenjak hasil panen semangka Esteem miliknya memuaskan, kini telah banyak petani yang tertarik untuk menanam seperti dirinya.
 
“Sudah banyak petani-petani yang mau tanam semangka Esteem ini. Mereka sangat terkesan dengan pohonnya yang tahan terhadap kresek, dan buahnya mudah jadi. Buahnya juga gampang besarnya. Meskipun dipelihara hingga tiga buah per pohon, ukurannya tetap seragam,” jelas Edi.
 
Selain itu, lanjut Edi, nilai jual semangka tipe Esteem tersebut juga masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan semangka berbiji lainnya. Hal ini pula yang membuat banyak petani semangka di Serdang Bedagai tertarik menanamnya.
 
“Harga jualnya lebih mahal dibanding semangka berbiji biasa. Selisihnya bisa sampai Rp500 per kilogram, jadi lebih menguntungkan,” terang Edi. Semangka Esteem milik Edi sendiri sewaktu panen dihargai Rp. 2.100/kg, sehingga dari lahan 6 rante ia bisa meraup pendapatan lebih dari Rp. 12 juta.
 
Edi sendiri sudah merencanakan untuk kembali menanam Esteem setelah tanaman padinya selesai dipanen. “Rencananya akan tetap tanam Esteem dan mencoba varietas semangka dari BISI yang lainnya, seperti Agustina dan non biji Classic,” ungkap Edi yang selama bercocok tanam semangka juga selalu memakai produk pestisida Cap Kapal Terbang, seperti: Paket Anti Keriting, fungisida Starmyl 25WP, Copcide 77WP, Victory 80WP, pupuk Grand K, dan ZPT Bigest. (Sadly Irawan, MD Area Sumbagut)

 


PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).