INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

MANISNYA ESTEEM DI KAWASAN RAWA BORNEO SELATAN

Kawasan rawa Negara merupakan salah satu sentra semangka berbiji di Kalimantan Selatan, namun keberadaan semangka tipe ice box  atau lonjong kecil masih belum begitu banyak dibudidayakan, terlebih yang berdaging buah kuning. Dan keberadaan semangka ice box Esteem seperti memberi warna baru bagi dunia semangka di belahan selatan Borneo.

Di sela-sela menyusuri petak lahan semangka di kawasan rawa Negara, pandangan mata pun terhenti pada satu hamparan kecil semangka yang sedang dirawat oleh sang pemilik, Anal, petani semangka dari Desa Habirau Tengah, Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Bukan lantaran tanamannya, namun jenis semangkanya yang menarik perhatian. Di tengah-tengah hamparan tanaman semangka yang super luas itu, jenis semangka yang ditanam Anal memang berbeda. Pria paruh baya tersebut lebih memilih menanam semangka tipe ice box yang memiliki ukuran buah lebih kecil dibandingkan semangka berbiji lainnya, tipe oblong atau lonjong besar, yang lazim ditanam para petani semangka di kawasan rawa pasang surut itu.

Bukan hanya lebih kecil, tapi warna daging buahnya pun berwarna kuning dengan warna kulit buah hijau gelap. “Semangka yang saya tanam ini Esteem,” ujar Anal saat ditemui Abdi Tani di ladangnya.

Saat itu, tanaman semangka Esteem milik Anal tersebut sudah berumur 60 HST, sebentar lagi dipanen. Hal itu pun tidak disia-siakan oleh beberapa teman yang menyertai Abdi Tani untuk membeli beberapa biji dari Anal untuk dilakukan uji rasa langsung di lahan tersebut.

“Rasanya ternyata sangat manis,” ungkap Anal sembari tersenyum setelah mencicipi sendiri semangka yang ia tanam itu.

Semangka yang ditanam Anal tersebut tidaklah banyak, hanya sekitar 500 tanaman. Namun, setelah mengetahui performa tanaman dan buahnya, Anal mengaku sangat senang dan puas. Sebelumnya, ia memang pernah menanam semangka yang setipe dengan Esteem, namun hasilnya tidak sebagus semangka produksi PT. BISI International, Tbk. itu.

“Buahnya lebih bagus, warna kulitnya lebih gelap, dan dalam satu tanaman bisa dibuahkan dua dengan bobot yang lebih berat dibanding semangka sejenis lainnya. Kalau yang ini (Esteem-red), satu tanaman bisa dapat enam kilo atau rata-rata per buahnya bisa sampai tiga kiloan,” ujarnya.

Kualitas buah Esteem yang ciamik itu juga dibenarkan oleh Haji Mahyuni, pedagang semangka asal Desa Tumbukan Selatan, Daha Selatan. Menurut pedagang semangka terbesar di Pasar Negara itu, semangka Esteem memang memiliki kualitas buah yang lebih baik dibandingkan semangka sejenis yang pernah ada di Negara. Baik itu warna, bentuk, maupun keseragaman buahnya.

“Buahnya baik, warnanya (kulit buahnya) baik, lebih gelap, dan tidak mudah pecah saat panen maupun pengangkutan. Rasanya juga bagus, lebih manis dibandingkan yang tipe besar (oblong),” terang Haji Mahyuni saat ditemui Abdi Tani di lapak semangka miliknya di Pasar Negara.

Hal itu diakui Haji Mahyuni turut mempermudah pemasaran semangka Esteem di pasaran. Pasalnya di Kalimantan Selatan, khususnya kawasan Negara, pasar semangka tipe ice box tersebut tidaklah seramai semangka berbiji tipe oblong besar.

“Biasanya ramainya pada bulan-bulan puasa. Tapi sekarang ini untuk tipe kecil (ice box), seperti Esteem ini, di pasar selalu ada, meskipun tidak sebanyak yang tipe besar (oblong),” ujar Haji Mahyuni.

Selain unggul di kualitas buah, karakter pertumbuhan dan pembentukan buah Esteem juga diakui lebih baik. “Paongnya (benihnya-red) baik, pertumbuhan tanamannya bagus dan seragam. Pembentukan buahnya juga lebih mudah jadi, sehingga lebih memudahkan perawatan,” tutur Anal.

Lantaran itu pula, saat musim tanam semangka tiba, Anal lebih menyukai Esteem dibandingkan semangka sejenis lainnya. “Meskipun ini baru pertama kalinya tanam, tapi saya langsung suka dengan Esteem. Ya, karena hasilnya lebih banyak dan manis begang (manis sekali-red) rasanya,” ungkapnya.

Deskripsi semangka F1-Esteem:
- Pertumbuhannya kuat, seragam, dan mudah perawatannya.
- Buah berbentuk lonjong.
- Kulit buah kuat, berwarna hijau kehitaman, dan lebih tahan simpan.
- Daging buah berwarna kuning, renyah, dan sangat manis dengan kadar gula 11-12% (Brix).
- Berat buah 2,5-3,5 kg.
- Umur panen ± 58 hari setelah pandah tanam.
- Kebutuhan benih 230-260 g/ha.

 


PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).