INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

PELANGGAN ADALAH RAJA !
Thursday, 05 January 2012 07:46

Ada dua orang kakak beradik yang  menjalankan usaha warung makanan sedangkan tempat berjualanpun saling berdekatan. Dua kakak beradik tersebut mendapat keahlian memasak dari ibunya. Namun setelah tiga tahun perkembangan usaha kedua kakak beradik tersebut berbeda hasilnya. Kakaknya lebih laku dibandingkan dengan adiknya. Mengapa hal tersebut terjadi ? Padahal adiknya dalam menjual makanan lebih murah harganya ketimbang kakaknya.

Selidik punya selidik, bahwa kakaknya dalam menjual makanan selalu lebih fresh dan menu makanan disesuaikan dengan keinginan para pelanggan. Sedangkan adiknya memasak dengan jumlah menu makanan yang lebih banyak dan jika ada sisa masakan akan dihangati untuk menu besoknya.

Strategi dalam menghidangkan masakan lebih fresh dan memasak hanya untuk menu makanan yang digemari pelanggan merupakan suatu cara untuk memenuhi kepuasan customer.

Sedangkan strategi yang menerapkan dengan harga murah dan memasak dengan menu makanan lebih bervariasi dengan maksud agar pelanggan mempunyai banyak pilihan pada kasus ini kurang tepat untuk diterapkan. 

Dalam memasarkan suatu produk atau jasa haruslah benar-benar mengamati kebutuhan pelanggan. Jadi tidak hanya untuk memenuhi keinginan pribadi atau ego sendiri. Misalnya, masyarakat sekitar warung makanan lebih suka masakan dengan rasa manis tentunya si penjual harus menyajikan menu makanan dengan rasa manis walapun pemilik warung lebih menyukai menu masakan yang pedas. Demi kepuasan pelanggan maka ego dari pengusaha produksi / jasa harus lebih dinomorduakan.

Dasar dari strategi penjualan baik produksi barang maupun jasa lebih mengacu kepada kebutuhan masyarakat sekitarnya. Jangan menjual usaha didasarkan pada keinginan ego pribadi. Misalnya menjual usaha jasa desain interior di desa yang dikarenakan ia lulusan desain interior. Tentunya lebih baik ia memasarkan usaha tersebut disebuah kota besar bukan di desa walaupun ia memiliki keahlian di bidangnya.

Strategi penjualan haruslah berorientasi kepada keinginan pelanggan dalam hal ini lebih mudah kita lihat pada perkembangan handphone yang sangat cepat. Baik perkembangan dari model maupun menu-menu pada handphone. Seakan-akan semua industri dibidang telekomunikasi tersebut saling bersaing untuk yang paling tercanggih dan lebih mendekati keinginan pelanggan.

Memang tidak bisa dipungkiri pelanggan adalah raja. Segala keinginannya harus terpenuhi. Dan dimana sebuah produk barang / jasa yang mendekati keinginan pelanggan akan lebih laku dan akan menjadi mode di masyarakat. Sekali lagi pelanggan adalah raja !

Penulis ;
HRD Dept.

Last Updated on Thursday, 01 March 2012 04:52
 


PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).