INFORMASI PRODUK

Darimana ANDA mendapatkan informasi produk-produk pertanian (Benih & Pestisida) ?
 

BISI apk

PANEN PERDANA “SI KUNING MASTER” BERSAMA BUPATI KUDUS
Beberapa waktu lalu (28/07/2011), Bupati Kudus H. Mustofa melakukan panen perdana semangka di Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di salah satu desa penghasil utama semangka di Kudus itu, Bupati memanen semangka kuning Master yang menjadi salah satu varietas semangka yang digemari petani di desa itu.

Kutuk merupakan salah satu desa di Kecamatan Undaan yang menjadi salah satu sentra pertanian utama di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Hal itu layak disematkan pada desa ini, karena mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Desa yang berada di ujung selatan Kabupaten Kudus itu telah menjadi salah satu desa penghasil utama komoditas semangka, melon, dan padi.

Menurut Camat Undaan Joko Dwi Putranto, Desa Kutuk memiliki lebih dari 1.000 hektar lahan pertanian yang dimiliki dan dikelola langsung oleh para petani di desa itu. “Di Desa Kutuk sendiri ada sekitar 520 hektar, sedangkan lebih dari 500 hektar lagi berada di luar desa yang dimiliki dan dikelola oleh para petani (Desa) Kutuk,” terang Joko saat memberikan pengantar dalam acara Panen Perdana Semangka Buah Bersama Bupati Kudus di Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Panen perdana semangka itu dihadiri langsung oleh Bupati Kudus H. Mustofa beserta Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus Budi Santoso dan sejumlah pihak terkait lainnya. Dalam kesempatan itu, Bupati memanen langsung semangka hibrida berdaging buah kuning varietas Master di salah satu lahan milik salah seorang anggota Gapoktan pimpinan Shobirin.

“Wah, manis ya. Bagus juga, dagingnya berwarna kuning. Apa ini namanya?” tanya Bupati sesaat setelah membelah dan merasakan salah satu semangka Master yang dipanennya. Ia pun mengajak rombongannya dan sejumlah wartawan untuk ikut merasakan semangka produksi PT. BISI International Tbk itu.

Saat memberikan sambutannya, Bupati kembali mengapresiasi acara tersebut. “Panen ini terasa berbeda, karena kita bisa makan dan merasakan semangkanya bersama-sama di tempat,” ujarnya di awal sambutan.

Bupati juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT. BISI sebagai salah satu produsen benih terbesar di Indonesia yang telah memberikan bantuannya kepada para petani di Desa Kutuk. “Tolong jangan pernah berhenti untuk membantu saudara-saudara saya di sini. Selaku Bupati akan selalu mendukung, karena kesuksesan petani juga merupakan kesuksesan semua pihak, mulai Kepala Desa, Bupati, dan juga Gubernur,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sido Rukun Desa Kutuk Sudarman mengatakan, dipilihnya semangka Master sebagai salah satu varietas yang dipanen dalam acara itu karena semangka itu telah banyak ditanam para petani di desa tersebut.

“Di sini sudah banyak petani yang menanam dan merasakan panennya, termasuk saya sendiri. Buahnya memang berbeda dengan semangka sejenis lainnya. Warna kulit buahnya gelap, daging buahnya kuning, dan rasanya manis sekali. Satu lagi, daya simpannya baik dan tidak mudah pecah,” terang Sudarman kepada Abdi Tani.

Bahkan, lanjut Sudarman, di Desa Kutuk juga pernah diadakan lomba ukuran buah semangka Master. “Bobot yang paling berat mencapai 12 kilogram. Kalau rata-ratanya sekitar sembilan hingga sembilan setengah kilogram,” ujarnya.

Acara panen perdana itu diikuti oleh para petani, kelompok tani, dan Gapoktan yang ada di Desa Kutuk dan sekitarnya. Di penghujung acara, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus Budi Santoso memandu dialog dengan para petani yang diwakili oleh Ketua Gapoktan Shobirin. Pada kesempatan itu Shobirin meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten Kudus untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana pendukung pertanian bagi para petani Kutuk, terutama akses jalan usaha tani. (AT : Vol. 12 No. 3 Edisi XLIII, Oktober - Desember 2011)
 


PT. BISI International Tbk - PT. Tanindo Intertraco - PT. Multi Sarana Indotani (MSI).